Home » » Operating Systems

Operating Systems

Sistem Operasi (OS) menyediakan antarmuka untuk perangkat keras komputer. Sistem operasi menjaga, mengelola, dan mengkoordinasikan kegiatan komputer sementara bertindak sebagai tuan rumah untuk berbagai aplikasi perangkat lunak. Karena OS perintah operasi hardware, program perangkat lunak individu membutuhkan sedikit pekerjaan untuk melakukan. Akibatnya, menjadi lebih mudah untuk menulis program komputer. Komputer lama telah tertanam sistem operasi, dan mesin yang lebih baru memiliki sistem operasi mandiri.

Sistem operasi yang dikemas dengan interface yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer. Sebuah antarmuka baris perintah (CLI) memungkinkan pengguna untuk mengetik perintah, dan antarmuka pengguna grafis (GUI) memungkinkan untuk interaksi estetis melalui menunjuk, klik, dan menyeret objek. Sebagian besar sistem operasi yang dikemas dengan GUI estetis. Microsoft Windows, Linux, Solaris, Unix, dan Mac OS adalah contoh dari sistem operasi populer.  


Solaris
Sun Microsystems Solaris dikembangkan pada tahun 1992 pada platform Unix. OS ini kebanyakan open source, termasuk sistem Java Desktop, dan mendukung SPARC, x86, x86-84 dan platform. Solaris dikenal untuk skalabilitas dan kemampuannya untuk simetris multi-processing. Solaris tidak perlu diinstal pada mesin yang dijalankan dan dapat diluncurkan dari jarak jauh. Banyak produsen server yang meliputi dan memberikan dukungan teknis untuk Solaris pada sistem mereka.

Windows Server
Ada banyak sistem operasi server yang telah dirilis oleh Microsoft Corporation. Mereka menyerupai OS Windows, tetapi mereka dirancang khusus untuk server dan jaringan. Microsoft telah merilis sistem user friendly operasi server untuk rumah, usaha kecil, dan usaha besar. Windows telah merilis platform server berikut: Windows 2000 Server, Windows Server 2003, Windows HPC Server, Windows Small Business Server, Windows Server 2008 R2, Windows Server 2008, Windows Essential Business Server, dan Windows Home Server.

Mac OS
Apple Inc telah mengembangkan sejumlah sistem operasi untuk komputer Macintosh. Yang paling menonjol termasuk versi Mac OS, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 sebagai sistem operasi yang user-friendly. OS termasuk sebuah GUI canggih yang menghilangkan kebutuhan untuk baris perintah. Mac OS adalah ideal untuk bisnis dan pengguna rumahan yang diperlukan untuk multitask. Pada tahun 2001, Apple merilis Mac OS X, yang merupakan sistem operasi berbasis UNIX. Rilis Mac OS X dinamai kucing liar, dengan terbaru yang disebut "Snow Leopard." Mac OS X telah dipuji untuk stabilitas, kemudahan penggunaan, dan kemampuan multitasking.

Unix
Sebuah kelompok di Bell Labs mengembangkan Unix sebagai sistem operasi pada tahun 1969. Unix digunakan pada kedua server dan desktop dan memberikan platform untuk sistem operasi lain. Unix ditandai dengan sejumlah konsep inti yang meliputi teks biasa untuk penyimpanan data, file komunikasi antar-proses, baris perintah interpreter, dan penggunaan sejumlah besar perangkat lunak yang berbeda. Banyak berbasis Unix dan sistem operasi Unix-like yang tersedia secara gratis. The Open Group saat ini memiliki merek dagang UNIX.

Server Linux
Linux adalah open source, Unix-like OS. Istilah "open source" berarti bahwa semua versi dan distribusi Linux yang tersedia secara gratis. Kode sumber dapat dilihat, diedit, dan didistribusikan. Linux dapat diinstal pada berbagai platform termasuk elektronik kecil dan ponsel. Pengguna dapat menginstal Linux pada workstation dengan GUI. Karena source code Linux tersedia, pengembang perangkat lunak dapat paket OS ke dalam distribusi. Distribusi ini mendesain ulang Linux untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda. Linux adalah sistem operasi server yang paling populer karena stabil, aman, serbaguna, dan dapat mendukung sejumlah pengguna. Distribusi server yang populer Linux termasuk Ubuntu dan Red Hat Enterprise Edition.    

0 komentar:

Post a Comment