Home » » Web 2.0

Web 2.0

Web 2.0 adalah generasi baru aplikasi web yang memfasilitasi pertukaran informasi dan jaringan sosial. Istilah ini umumnya terkait dengan berbagi informasi, interoperabilitas, dan desain yang berpusat pada pengguna. Teknologi ini membawa perubahan dalam website dari halaman web statis ke dinamis, halaman web interaktif. Web 2.0 tools memungkinkan partisipasi secara online dalam pembuatan konten dan interaksi sosial.

Web 2.0 telah menjadi begitu luas bahwa perusahaan kini menggunakannya sebagai teknik pemasaran. Menggunakan Web 2.0, informasi dapat diambil dari berbagai tempat dan personal untuk memenuhi kebutuhan pengguna tunggal. Istilah ini tak ada hubungannya dengan upgrade teknologi; melainkan menggambarkan perubahan di mana kita menggunakan dan merasakan internet

Manfaat
Web 2.0 telah merevolusi seluruh konsep komunikasi online. Pengguna dapat membuat jaringan teman atau mengubah isi dari sebuah website . Web 2.0 memungkinkan lebih banyak interaksi antara orang-orang yang mengunjungi berbagai situs . Ada lebih banyak kesempatan untuk mengakses informasi , berbagi ide , dan mengurangi biaya komunikasi .

Cara kerja
Web 2.0 menggunakan web sebagai platform aplikasi untuk mengembangkan blog , situs jejaring sosial , situs konten pengguna yang disediakan , sindikasi konten , Really Simple Syndication ( RSS ) feed , buku sosial tanda, alat berbagi foto , dan situs berbagi video.
Teknologi browser client-side/web biasanya digunakan dalam Web 2.0 adalah pengembangan Asynchronous JavaScript ( AJAX ) , Extensible Markup Language ( XML ) , Adobe Flash, dan JavaScript . Pemrograman Ajax menggunakan JavaScript untuk meng-upload dan download data baru dari server web . Data diambil oleh permintaan Ajax biasanya diformat dalam XML atau JavaScript Object Notation ( JSON ) format. Akibatnya , pengguna dapat dengan mudah mengirimkan data terstruktur melalui aplikasi web . Setelah data diterima , JavaScript menggunakan Document Object Model ( DOM ) untuk memperbarui halaman web .
Di sisi server , Web 2.0 menggunakan bahasa seperti Hypertext Processor ( PHP , ) Ruby , Perl , Python , dan Active Server Pages ( ASP ) . Pengembang menggunakan bahasa tersebut untuk secara dinamis data keluaran menggunakan informasi dari file dan database . Untuk berbagi data dengan situs lain , situs web harus mampu menghasilkan output dalam format yang dapat dibaca mesin seperti XML , RSS , dan JSON . Ketika data website tersedia dalam salah satu format ini , situs web lain dapat menggunakannya untuk mengintegrasikan sebagian dari fungsi yang website ke dalam dirinya , yang menghubungkan dua bersama-sama . Dengan cara ini banyak situs dapat dihubungkan bersama-sama .

Perusahaan / Merek
IBM , Iflexion , Soft Black , dan Silver Sentuh mengembangkan Web 2.0 dan alat-alat yang terkait, teknologi , jasa , dan infrastruktur .

0 komentar:

Post a Comment